Kamis, 20 November 2014

Pelatihan Pengelolaan Blog untuk Aparat Desa/Kecamatan Sekabupaten Hulu Sungai Selatan

Suasana Pelatihan Pengelolaan Blog Desa
Sekabupaten Hulu Sungai Selatan
Kandangan- Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Hulu Sungai Selatan mengadakan acara Pelatihan Pengelolaan Blog bagi aparat desa/kecamatan sekabupaten Hulu Sungai Selatan bekerjasama dengan Relawan TIK Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Pelatihan yang dibuka secara langsung oleh wakil Bupati Hulu Sungai Selatan itu bertujuan untuk lebih mengenalkan dunia informatika (internet) kepada aparat desa/kecamatan sehingga mereka lebih melek dan terampil terutama untuk membuat blog desa dan mengelolanya.

Acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut (18-20 November 2014) diharapkan bisa memberikan manfaat bagi desa ke depannya dalam mengenalkan desa ke publik dunia maya sekaligus sarana informasi dan media membangun desa.

Desa Hamayung sendiri mengirimkan aparat desanya, Suhaimi, S.Pd.Sd untuk mengikuti kegiatan tersebut. Sepulangnya dari pelatihan diharapkan ada sesuatu yang bisa diterapkan ke desa sebagaimana pinta Kepala Desa Hamayung.

Meski wilayah desa Hamayung Kec. Daha Utara terputus dari jaringan internet, namun jauh sebelum pelatihan yang digagas Dishubkominfo Kab. Hulu Sungai Selatan desa Hamayung sudah memiliki blog desa sendiri. Meski saat ini masih menggunakan domain gratis dari blogger, ke depan akan ditingkatkan dengan menggunakan domain desa.id yang merupakan domain resmi untuk desa yang terdaftar pada Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

Surat Permohonan Domain
hamayung.desa.id
Sebagaimana dikutip dari sang penggagas Blog Desa Hamayung, Mahyudi, Website Desa Hamayung telah diajukan ke PANDI tertanggal 11 November 2014. Tinggal menunggu proses penyelesaian.

Aulia Rahman, selaku nara sumber pelatihan pengelolaan Blog Desa mengaku bangga
dengan  salah satu desa di Negara (Daha) tanpa mengeluh masalah jaringan internet,mereka sudah punya website dan mandiri membeli website dan mengelola tanpa berharap digaji, dan tidak berharap minta anggaran pemerintah daerah. Inilah yang patut ditiru dan dberi penghargaan oleh pemerintah Hulu Sungai Selatan. Bisa memberikan contoh kepada yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi. Tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (Al-A’raf: 96)