Selasa, 06 Januari 2015

Upacara Peringatan 2 Januari 1949 Hamayung

Hamayung- Peringatan Tugu 2 Januari 1949 yang sedianya dilaksanakan tepat pada tanggal 2 Januari 2015 terpaksa tidak bisa dilaksanakan dikarenakan pada tanggal tersebut bertepatan dengan hari Jum'at. Acara dimundurkan pada hari Selasa tanggal 6 Januari 2015. Meski demikian tidak mengurangi kekhidmatan acara yang memperingati peristiwa penting dalam sejarah Daha/Negara. Peristiwa yang dimaksud adalah pertempuran dahsyat masyarakat desa Hamayung dan pejuang lainnya dalam menggempur markas pertahanan Belanda di Tambak Bitin. Begitu heroiknya peristiwa tersebut hingga diabadikan dengan sebuah Tugu yang berada di desa Hamayung kecamatan Daha Utara yang diberi nama sesuai tanggal peristiwa yaitu TUGU 2 JANUARI 1949.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara kembali dilangsungkan di Pasar Hamayung yang bersebelahan dengan Tugu 2 Januari 1949. Sehari sebelumnya aparat desa bekerjasama dengan pihak kecamatan Daha Utara dan masyarakat desa Hamayung bergotong-royong menyiapkan lokasi dan keperluan upacara lainnya. 

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Desa Hamayung, Saberansyah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu persiapan lokasi upacara.

Upacara Peringatan 2 Januari 1949 dihadiri langsung oleh Bupati Hulu Sungai Selatan beserta unsur pemerintah kabupaten Hulu Sungai Selatan, seluruh kepala SKPD, DPRD kabupaten Hulu Sungai Selatan, aparat TNI dan POLRI, Camat Daha Utara, Selatan, dan Barat beserta unsur Muspika Kecamatan, organisasi kemasyarakatan, BPK, Veteran, seluruh Kepala Desa wilayah Daha, PNS, Pelajar, hingga masyarakat biasa.

Berikut kami sajikan rangkaian photo kegiatan peringatan 2 Januari 1949 Hamayung:



















0 komentar:

Posting Komentar

 
Jika sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi. Tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (Al-A’raf: 96)